Selasa, 10 Juli 2012

Yang Datang dan Yang Pergi


JULI : awal tahun pelajaran : para pelajar aktif sekolah : job ngeles numpuk : duit mengalir :D
Juli datang,itu artinya Juni pergi.Duit datang,kantong kering pergi.Segala sesuatu yang dihidup gue ada yang mengalami siklus datang-pergi.
Seperti halnya murit-murit les gue yang selama setahun kemarin menimba ilmu EROR pada guru seperti gue yang udah divaksin anti EROR.Mereka juga mengalami siklus datang-pergi.Meskipun gag semuanya sih dan malah ada yang masih bertahan menimba ilmu ma gue.Mungkin saking udah frustasinya nyari guru makanya dengan sangat berbesar hati mereka mau bertahan dengan guru kayak gue.

Murit gue yang masih bertahan yaitu si Indi,anak kelas 5 saat pertama gue ngajar dulu yang kini udah jadi anak kelas 6 SD.Selama kurang-lebih setaon gue ngajar dia,banyak perubahan yang gue liat dalam diri murit gue yang satu ini.Dari rambut ikalnya yang dulu pendek n selalu dikuncir,sekarang udah mulai panjang tergerai.Dari kelambanannya ngitung perkalian karena jarang maen dikali,sekarang malah lebih pinter ngitung dari gue.Dari nilai mid matematikanya yang cumak 45-serius cuma segitu- yang ngebuat dia jadi bahan tertawaan keluarganya,sekarang  berhasil dapet nilai 85 dan giliran balik tertawain mereka.Semoga perubahan-perubahan buat kedepannya selalu positif buat dia.

Murit gue yang masih menyandang MUBA-Murit Baru- ada 2 orang.Mereka ini tergolong baru,karena mulai ngeles ditempat gue pada pertengahan taon pelajaran.Yang cewek baru kelas 4 SD dengan penyakit pikunnya namanya Sintya,dan yang cowok gendut lebih mirip patrick Star namanya Roman.Jujur aja,gue lebih seneng ngajar Roman dibanding Sintya yang lebih banyak lupanya daripada ingetnya.Tapi sebagai guru yang sudah mengalami vaksinansi anti-Eroro gue gag boleh ngebeda-bedain antara mereka bedua.Gue tetep sayang ma mereka dalam bentuk apapun.Kecuali jadi bentuk mengerikan sepeti tikus.
Murit gue yang namanya Sintya gue diagnosis mengidap penyakit pikun stadium akut.Itu kalok seandainya gue ditakdirin jadi dokter sakit jiwa.Gue bakal diagnosis dia kayak gitu.Abis tiep gue tanyak : “Buku paketnya dibawa gak,Tya?” dia nyaut “Lupa,buk guru.”

Terus ditanyak lagi : “Kemarin udah ngerjain soal ampek mana,Tya?” dia nyaut enteng “LUPA,buk guru.”

Berusaha nanyak lagi : “Ampek bab mana diajar ama gurunya disekolah tya?” dia nyaut lagi “Lupa,buk guru.”

Nih anak setiap gue tanyak apa-apa jawabnya selalu sama.Apapun selalu LUPA.Apa Tuhan lupa juga nyiptain ingetan buat dia? Seandainya gue tanyak “Kepala lu taruh dimana tya?” dia mungkin juga bakal nyaut “LUPA,buk guru!”

Tapi ... taon ni gue gag bakal ketemu lagi ama murit gue si remaja ababil blasteran gue,si Ayu.Dia udah resmi gag jadi anak putih-biru,dan sekarang berstatus sebagai anak putih-abu.Emang mukanya berwarna abu-abu juga sih,jadi cocok buat dia.Gue gag bisa ketemu ama dia lagi dikarenakan dia ngelanjutin studynya di luar daerah.Sebagai murit gue yang paling bego karena gagal mendapat nilai 100 buat ujian matematikanya,dia cukup ngangenin juga.Gue gag akan denger lagi curhatan galaunya dia selama dimulai pelajaran ampek jam belajar selesai.Gue juga gag akan denger nama-nama pacarnya yang sama kayak dosen gue lagi ngabsen mahasiswa seluruh fakultas.Tapi tetep aje gue bakal ngerasa kehilangan sosok murit centil kayak dia nih.Dan gue paling inget pesan terakhirnya yang diucapin saat perpisahan kami dulu : “Aku bakal rindu banget ama lombok ni.Kangen ama temen-temen smpku.Kangen ama temen-temen segengku dikomplek.Kangen ama nenekku.N pastinya aku paling kangen ama orang yang sangat penting...”

Gue udah geer ngerasa nama gue bakal disebut diakhir kalimat itu.Yaiyalah...siapa lagi orang paling penting dalam hidupnya selain gue yang udah ngebantuin dia lulus dari kepenatan dunia smp? Dia ngelanjutin...”yaitu PACAR aku! Jadi tolong jagain dia ya,jangan dikasi selingkuh.Soalnya aku gag tega mutusin dia,buk guru.Makasi!” Gue lemes.Gue pikir ni anak udah tobat,eh malah tambah setega-teganya ama gue! Yudah...selamat jalan Ayu.Semoga kamu diterima disisi-Nya.

Well,gue gag mau berlarut-larut dalam kegalauan lantaran ditinggal murit gue yang hobi menggalau.Hidup must go on! Jadi cukup sedetik aja gue mengheningkan cipta buat keberangkatan murit gue menimba ilmu.Seperti kata gue,ada yang pergi,ada yang datang.Taon ni banyak banget murit-murit gue yang baru.Tentu juga dengan berbagai wujud dan keganasan mereka.Bakal lebih seu taon ni dengan kehidupan mengajar gue.Dan gue harap semuanya bakal berjalan dengan lanjar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar