Sabtu, 14 Juli 2012

FILOSOFI KENANGA



Siang-siang bolong emang enaknya ngabisin waktu liburan dengan acara molor ditempat tidur ampek 3 jam-an.Disamping manfaatnya banyak banget buat kesehatan tubuh,tidur siang juga bagus buat perawatan kecantikan kulit gue.Tapi...bakal gak nyaman banget kalok saat jam tidur siang lo,pacar lo tiba-tiba nelpon penting banget bangunin lo padahal lo baru setengah jalan mau nyampe istana buat jadi Cinderella dimimpi lo.Atau pas lagi asik-asiknya mejemin mata,tiba-tiba tetangga lo disamping rumah nyalain tape recorder dengan volume suara hampir orang sekomplek bisa denger ditambah lagu-lagunya JADUL-JADUL abis! Tersiksa banget kan acara tidur siang lo ? Nah ... itu yang gue alamin diawal liburan gue dibulan Juli ini.Alhasil...gue bangun dengan kepala miring sebelah sambil berusaha ngeluarin racun-racun akibat dari lirik lagu yang gue denger tadi.
“Bukannya bunga...petik layuu...”
“Bukannya bunga...harum layuu..”
“Bukannya bunga...sedap malam...”
Intinya sih liriknya kayak gitu.Jadi heran gue nih lagu tentang apaan sih kok pake bunga-bungaan segala.Bunga Sedap Malam pula yang dipake dalem liriknya.Jelek banget.Tapi anehnya emak gue yang dulu idup dijaman saat nih lagu tenar,asik-asik aja dengernya tanpa ngerasa tuh tetangga gag sopan banget nyalain tape recorder siang-siang gini.Gue bete abis.Karena nih lagu bikin gue gag bisa tidur siang! Akhirnya gue cuma bisa nyalain laptop n termenung masih dihantui lagu Bunga Sedap Malam-yang gue gag tau judul n penyanyinya siapa,emak gue juga udah gue tanyak tapi dia sama bloonnya ma adik gue- jadi gue putusin buat kasi judul lagu tuh : Bunga Sedap Malam.Kalo diantara kalian mungkin yang tau tuh lagu judul n penyanyinya siapa,please coment yah.Lebih bagus lagi kalo kalian tau tahun beredarnya tuh lagu,biar gue bisa pake mesin waktunya Doraemon buat pergi ketaon itu dan ngelarang tuh lagu beredar.Mampus...
Sambil menenangkan batin gue yang terusik,gue mencoba memamahi kok nih orang buat lagu pake bunga sedap malam yak.Gag ada bunga yang bagusan pa dijaman itu? Mending bunga mawar gitu,yang katanya lambang cinta.Bunga anggrek gitu,yang bunganya cukup terkenal.Lha...ini kok bunga sedap malem! Kalok seandainya gue dapet tugas nulis lirik lagu tentang bunga dari dosen gue-padahal gag mungkin banget- gue pasti milih lagu tentang BUNGA KENANGA! Iya...soalnya gue punyak banyak dirumah gue taneman bunga kenanga n pohonnya selalu rajin berbunga.Ditambah lagi gag ribet ngerawatnya,tinggal biarin aja dia tumbuh sendiri semau dia.Lok gag mau,ya gapapa...ya jangan dipaksa.


Gag hanya itu sih alasan gue milih bunga kenanga buat dijadiin lagu.Tapi gue suka banget ama filosofi bunga kenanga yang pernah gue denger dari guru  di SMP gue dulu.Iyah...gue gag boong lo.Gue inget banget pas Guru tuh ngejelasin filosofi bunga kenanga pas gue lagi IMTAQ.Gue inget banget siapa yang ada disamping kanan gue pas tuh: tembok,gue inget juga siapa yang ada dibelakang gue pas tuh: tembok,n gue juga masih inget siapa yang disebelah kiri gue : tembok juga.Lho? Kok ini jadi kayak adegan gue lagi duduk dikloset sih? Ralat! Ralat!
Pokoknya gue inget...yakin inget banget lok gue gag salah inget tentang filosofi bunga kenanga ini.Jadi kata beliau-Guru gue waktu itu-kalok kita sebagai cewek harus ngikutin filosofi bunga kenapa.Kenapa?Tau kan Bunga Kenanga? Ituh bunga kan dari pertama dia mulai nongol bakal berwarna Hijau tua n kelopaknya masih melengkung kayak rambut ponakan gue yang sukses kereteng abis.Gag ada daya tariknya deh pas masih kecil-kecil gitu.N gag ada yang bakal mau metik dia pas awal-awal mekar.Seiring perkembangannya,kelopak bunga tersebut akan makin memanjang n mulai berwarna kuning cerah dan disertai bau yang harum.Sehingga jadilah dia bunga yang cantik dan harum.Tapi prosesnya menuju menjadi bunga yang harum tersebut cukup lama dari dia pertama muncul.Jadi kalok orang mau metik tuh bunga,biasanya pas bunga tuh udah berwarna kuning n mulai mengharum.N keunikannya nih bunga biarpun dia dipetik malah akan tambah menguning n semakin wangi.Beda ama bunga-bunga lain yang kalok udah dipetik bakal layu n jadi gag cantik lagi seperti dia baru mekar.Sama seperti kita –para cewek- harus bisa jadi seperti bunga Kenanga.Semakin mekar harus bisa semakin tambah harum.Jangan hanya dipetik orang hanya karena keindahannya sesaat tapi bagaimana kita bisa dibutuhkan orang dengan keharuman nama kita.Jadi intinya sebagai cewek jangan hanya ngandalin tampang doang,tapi juga mesti dilengkapai dengan keluhuruan n kebijakasanaan kita.Wuih..kalok tetangga gue punyak ayam pasti bakalan udah mati denger gue ngomong kayak gini.
Alhasill...gue mulai ngambil kertas n pensil buat nulis lirik lagu tentang Bunga Kenanga_meskipun gue nyadar lok gue gag punya bakat jadi musisi.Dan hasilnya malah bukannya lirik lagu,malah jadi sketsa bunga kenanga.Aduh...ini nih kalok bakat dipaksaen kayak gitu.Well,terlepas dari itu gue harapa kita sebagai cewek bisa mengikuti filosofi bunga kenanga yah J J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar