Senin, 06 Februari 2012

Uneg-uneg part 1


Murid Ajaib
Sebagai seorang calon guru,kehidupan gue gag terlepas juga dari kegiatan membagi ilmu KALKULUS gue ama murid-murid les gue.Yah...itung-itung nambah uang saku sebagai mahasiswa dan juga sebagai latihan menghadapi murid yang sebenernya untuk profesi gue kelak.Banyak banget pengalaman dan tantangan mengasuh dua murid perempuan gue yang ajaib-ajaib banget.Si cewek mungil yang lebih mirip anak tk ketimbang anak kelas 5 sd namanya Indi (nama disamarkan) dan Si cewek rada-rada tampang blasteran tapi wong jowo abis namanya Ayu (nama mendekati yang sebenarnya) sekarang kelas 3 smp adalah anak-anak murid gue yang selalu bikin gue mau bunuh diri ngajarin mereka matematika.
Berikut cuplikan profil mereka...
(Disore yang sedikit berawan dengan gerimis yang membuat gue terpaksa berangkat mengajar menuju rumah murid gue dengan memakai jas ujan kebesaran,gue mengayuh motor gue dengan cerianya.Berharap hari ini gue bakal mengajar dengan baik.Kemudian...)
Me         : Hari ini kita mau bahas apa? J
Ayu        : Bahas soal-soal tryout kemarin ajah,buk. L
Me         : Kok cemberut gitu? Ibu salah pake baju ya ? JJ
Ayu        : Gimana gag sedih.Nilai try out matematika aku jeblok buk.Dapetnya 64. LL
Me         : Ya...sudah.Kali ini kita berusaha belajar lebih keras lagi ya.Mari kita mulai belajar! Semangat! J
(Mulai membahas soal....)
Me         : Soal no 12,Bu Parni berbelanja ke toko sembako.Mula-mula ibu membeli ¾ kg gula,kemudian membeli gula lagi 3 4/5 kg.Banyaknya gula yang dibeli ibu seluruhnya...
Ayu        : Bu guru,aku gag mau belajar soal itu. L
Me         : Lho? Kenapa? Model soal ini kan bakal keluar diujian...
Ayu        : Aku gag suka ajah,buk.Abisnya ibu aku aja gag pernah nyruh aku ngitung-ngitung kalok dia mau beli gula.Ngerepotin ajah! L
Me         : (Tarik napas dalem-dalem) Ya...udah.Soal selanjutnya J
(10 menit kemudian...)
Me         : Soal no 17,Rina menyimpan uang dibank sebesar Rp 800.000,00 dengan bunga 8 % setahun.Setelah jangka waktu tertentu ia mendapat bunga sebesar Rp 48.000,00.Jangka waktu tersebut adalah...
Ayu        : Aku juga gag mau belajar soal kayak gitu,buk.
Me         : Kenapa lagi? Kamu kan gag perlu capek-capek ngitung gula.
Ayu        : Iya.Tapi aku juga gag mau disuruh ngitung uang orang yang gag aku kenal.Kata mamah aku,kita gag boleh mencampuri urusan orang lain.
Me         : Tapi...
Ayu        : Pokoknya enggak.Atau aku gag mau belajar nih,buk. L
Me         : Iya,baiklah.
(Setelah 2 soal berhasil kami selesaikan,kemudian...)
Me         : Soal no 20,diketahui garis l sejajar dengan garis m.Besar sudut A1 adalah (2x + 10)derajat,dan sudut b (2x-15)derajat.Nilai x adalah...
Ayu        : Aku gag perlu belajar soal yang ini,buk.
Me         : Kenapa lagi? J (berusaha masih tersenyum)
Ayu        : Ini kan soal gag adil.Masak disuruh nyari sudutnya tapi guru aku disekolah gag ngasi aku pake busur derajat buat ngukurnya? Gag adil banget’kan??? L
Me         : Gubrak!! Kalo gitu kamu mau kerjain soal yang mana aja?
Ayu        : Umm...sebenernya sih gag ada! Aku capek ama matematika! Ibuk denger aku curhat tentang pacar baru aku jah! J
Jeritan batinku : Noooooooooooo!!! Gue susah-susah dateng kerumah lo buat ngasi ilmu,udah basah-basahan,udah berkorban jas ujan,udah nyenggol dagang bakso dipinggir jalan,tapi ternyata gue Cuma disuruh denger curhatan seorang anak smp tentang pacar barunya? Tuhan...ambilah aku.Mati
(Dihari yang lain gue berangkat menuju rumah murid gue si Indi.Hari itu cerah banget n gue gag perlu ngorbanin siapa-siapa buat sampe dirumah murid gue itu.)
Indi        : Buk guru,aku boleh dibantuin tugas bahasa indonesia aku dulu gag? J
Me         : Boleh dah .(Hiks,padahal kan gue guru matematika L)
Indi        : Maksi buk guru.Tolong bantuin aku nyari arti dari kata-kata berikut ini J
Me         : Iyah...apa? (Tenang rani,tenang tinggal cari definisnya dibuku paket nya ajah L)
Indi        : Pengertian korban itu apa?
Me         : Srak...sruk...(susah payah bongkar halaman buku L)ada dihalaman 45 Indi..
Indi        : Kalok Evakuasi itu apa buk?
Me         : Srok..srok...dihalaman 50 Indi...
Indi        : Kalok LDR buk?
Me         : srok...sruk...srik...(gawat gag ketemu L!)
Indi        : Kalok HTS buk?
Me         : srak...sruk...sruk...(juga gag ketemu L!!)
Indi        : Kalok TTM buk?
Me         : sruk...srok...kreeek (ampek bukunya robek pun gag ketemu L!!!)
Indi        : Gag tau ya buk?
Me         : Gag ada dibuku Indi... L
Indi        : Emang gag ada,buk.Itu kan pertanyaan pesenan dari temen aku.Katanya kalok kita nanyak istilah cinta-cintaan gitu,nanyak ke orang dewasa paling tepat katanya buk.Tapi ternyata ibu bukan orang dewasa ya makanya gag tau.Gag apa-apa deh...
Jeritan batinku : Noooooooooo!!! Gue udah 20 puluh tahun,gue udah semester empat,gue udah punyak pacar,n gue udah bisa dibilang dewasa! Masak anak sekecil itu bisa maenin gue n ngeluarin pernyataan kalo gue gag dewasa! Tuhan...ambillah aku.Mati.

ttd




Buk guru Apes


Tidak ada komentar:

Posting Komentar