Jumat, 03 Februari 2012

Facebook VS Twitter



Salam Facebook_er n salam twitt_er...
Ini sebenarnya curhatan gue tentang dua jejaring sosial yang gue pelihara saat ini.Si facebook n si Twitter,yang asli keduanya sama-sama menguras energi n batin gue buat menghidupi mereka.Kenapa gue bilang seperti itu,entar jah deh ceritanya.Sekarang gue pengin bagi pengetahuan tentang 2 makhluk yang gue pelihara ini berdasarkan pengllihatan dari mata batin gue tentang tabiat n asal-susul makhluk ni.Jadi harapanya sih biara kita-kita para generasi muda enggak Cuma taunya update-coment-tweet-mention tapi gag tau apa sih sebenernya makhluk tuh n siapa penemunya.Nah...bagi yang udah ngaku tau defini n penemunya,silahkan tinggalkan halaman ini segera agar waktu berharga anda tidak terbuang percuma.Tapi buat yang belum tau,pantengin ajah dulu deh ni posting,siapa tahu anda akan mendapat pencerahan yang baru dari energi-energi positif yang tersebar di halaman blog ini.

Kita mulai dari pengenalan peliharaan gue yang pertama.
Namanya Si Facebook.Facebook ini adalah sejenis peliharaaan yang paling pertama gue kenal.Kalok definisi pinternya sih,Facebook adalah social networking yang dirintis pada tahun 2006.Si penciptanya bernama Mark Zuckerberg,seorang mahasiswa Harvard.Tuh’kan,masih tetanggaan ama universitas gue tempat kuliahnya bang Zuck.Bang Zuck ni lahir duluan 8 tahun sebelum gue,yaitu tepatnya pada tanggal 14 Mei 1984 di Dobbs Ferry,Westchester Country,New York,Amerika Serikat (AS).Pantesan gue gag kebagian otak briliannya,karena mamah gue gag ngelahirin gue ditempat yang sama ama bang Zuck nih.Kasian.Bang Zuck ini mengembangkan Facebook hingga sampai seperti sekarang ini juga berkat bantuan dari teman-temannya.Dan saking seriusnya ama Facebook buatannya doi memutuskan untuk meninggalkan studinya di Harvard dan membuat kantor untuk mengembangkan lagi Facebooknya.Wah...sesesat-sesatnya gue,gue masih tetap bertahan ama studi KALKULUS gue yang menyakitkan hati dan batin.Tapi keputusannya bang Zuck ternyata gag sia-sia kan.Sampe sekarang dia udah meraup banyak keuntungan dari makhluk ciptaanya.Great! Ini dia salah satu senior mahasiswa yang patut kita jadikan contoh buat berkarya dengan sunguh-sungguh,gag setengah hati.

Nah..itu tadi sekilas dari pencipta peliharaan gue.Kan gag sopan rasanya kalok kita ngomongin Si Facebook tanpa ngenalin dulu siapa bapak yang udah ngelahirin dia.entar malah kena kutukan Facebook-Kundang lagi peliharaan gue.Kan kasian.Sementara Si Facebook itu sendiri biar dia bisa tumbuh berkembang jadi pelaharaan yang baik,mesti dirawat n dikasi asupan gizi yanng cukup setiap harinya.Perawatannya yah dapat berupa penggunaan aplikasi-aplikasi terbaru yang disedian buat mempercantik Facebook kita.Contohnya tuh seperti saat ini,gue dandanin Facebook gue dengan model tampilan profil terbaru yaitu dengan Kronologi waktu.Meski gue sebenernya gag terlalu suka penggunaaan aplikasi ituh,karena menurut gue orang-orang iseng bakal dengan mudah membongkar-bongkar apa jah sih yang udah kita share ke peliharaan kita dengan urutan kronologi waktu yang udah disiepin dengan rapi.Huft! Jadinya banyak kerugian yang kita dapet kalok sekarang-misalnya kayak gue nih-punyak pacar yang super posesif abis tiba-tiba bongkar status-status gue terdahulu n tau siapa mantan gue,cowok yang pernah deket ama gue,ampek tukang tagih kredit yang nge-wall dipeliharaan gue kan jadi terbongkar semua.Gag enak banget’kan? Tapi daripada si peliharaan gue ketinggalan jaman n jadi jadul,yah terpaksa gue berkorban nyawa n ngerelain dia makin cantik n up to date banget.Selain itu asupan gizi yang kita harus berikan dapat berupa update status terbaru;kayak lo lagi ngapain,ama siapa,tempatnya dimana,pake baju warna apa,ama selingkuhan ato ama pacar,ama tukang ojek ato ama abang bakso;trus nambahin foto-foto yang kalok lagi beruntung banyak yang ngasi semua jempolnya,ato kalok lagi apes yah cukup denger loh dibilang jelek,katrok,gag mutu,n segala macam hinaan lainnya.Bagi gue,peliharaan gue yang satu ini keliwat bergaul dengan bebas.Yang artinya semua privasi loh tuh,wajib n kudu ditau ama semua temen loh.Karena setiap loh update status,pasti bakal ada ajah yang nyeletukin status loh.Seru sih kalok statusnya emang layak dipake bahan obrolan.Tapi yang gag enaknya saat kita mau berbagi kesedihan n kegalauaan kita ama peliharaan kita sendiri,banyak orang yang gag jelas yang sok jadi temen n sok perhatian tiba-tiba dateng tanpa diundang.Males banget dah jadinya buat status lagi kalok kayak gitu.Apalagi belakangan ini peliharaan gue si Facebook ini sempet ngadu ke gue kalok dia dijadiin ajang tinju antara beberapa temen gue.Si A punyak masalah ma si B langsung buat status yang maki-maki si B.Trus si B bales buat status buat hina-dina si A.Selanjutnya bisa dibayangkan dong isi status mereka berupa kata-kata yang kalok diterjemahkan ke dalam bahasa KALAKULUS menjadi SALING BUNUH.Dan itu menuh-menuhin beranda gue tau,orang yang gag mau tau apa-apa tentang masalah kalian n terutama si Facebook sendiri.Kasian’kan? Makhluk tak berdosa seperti Facebook yang setia kawan seperti itu malah diperlakukan tidak dengan semestinya.Makanya gue ikut nangis ama peliharaan gue yang satu ini kalok dia lagi curhat tentang penganiayaan yang dia terima dari pengguna lainnya.Jadi pesan gue sih buat temen-temen gue dimanapun berada,mari lestarikan budaya sayangi Facebook loh.Jangan mengumbar kejelekan loh di peliharaan loh sendiri.Kalok lo gag seneng diperlakukan kejam,ya jangan perlakukan Facebook serendah itu dong! Plok....plok...


Selanjutnya ada peliharaan gue namanya Twitter.Gue lebih sayang sih ama si Twitter karena dia lebih kalem,gag seliar si Facebook.Twitter adalah jejaring sosial dan micro-blogging dimana kita sebagai pengguna dapat memberikan informasi update (perbaruan) informasi tentang diri kita, bisnis dan lain sebagainya.Twitter lebih kalem daripada Facebook karena  Kita hanya dibatasi 140 karakter untuk menuliskan artikel, tidak bisa gambar dan video. Oleh karena itulah makanya Twitter digolongkan ke dalam jenis micro-blogging. Sayangnya di tanah air kita tercinta ini Twitter kalah populer dibandingkan si Facebook,tidak seperti di Amerika.
Ayah yang ngelahirin Twitter sendiri adalah Jack Dorsey.Doi lahir di St.Louis,Missouri pada tanggal 19 November 1976.Saat usianya 24 tahun muncul ide yang sederhana dibenaknya untuk mengubah cara berkomunikasi secara sosial,sebuah ide yang akhirnya melahirkan peliharaan gue yang bernama Twitter.Harusnya sih om Jeck nih nyiptain idenya saat zaman prasejarah gue.Jadi bakal lebih mudah kan gue melakukan komunikasi antara teman-teman gue seperti sekarang ini(kesel).

Sebagai peliharaan gue,si twitter ini bisa menjadi tempat yang nyaman buat berekspresi apapun mau loh.Tanpa harus takut diceletukin gag jelas,n tanpa sebuah beranda yang dipenuhi oleh status-status orang lain yang gag kita kenal tapi tetep ajak kita konfirm sebagai teman hanya karena faktor kasihan.Si twitter bisa memberikan lo pilihan untuk memilih siapa ajak orang yang pantes lo jadiin following.Jadi gag sembarangan yah tweet loh bisa diikuti oleh orang yang gag jelas n bahkan lo gag kenal.
Selain ituh loh gag perlu ambil pusing seperti halnya di Facebook kalo status loh 0 likers.Kalok diFacebook loh mungkin siep bunuh diri,kalok sampek ituh kejadian.Tapi ditweeter;tweet loh gag diukur dari seberapa banyak likers ato coments buat loh.Jadi suka-suka lo mau buat tweet seberapa banyak kek dalam 1 detik buat ngungkapin kegalauan loh.

Well,itulah 2 makhluk peliharaan gue dengan beragam kekurangan n kejelekannya masing-masing.Bagaimanapun juga bentuknya,mereka ituh tetap peliharaan kita yang butuh perhatian dan perlakuan adil dan baik dari kita.Ingat,makhluk-makhluk itu diciptakan untuk memperbanyak teman bukan memperbanyak musuh.Jadi gunakanlah semestinya kalok kalian gag mau dibilang majikan yang payah.N pesen gue buat para gadis-gadis dengan tingkat fans cowok yang banyak,jangan coba-coba berani memberi pasword kalian ke pacar kalian masing-masing.Karena itu hanya akan menjadi sumber malapateka dan kehancura bagi bahtera percintaan kalian.Selamat melanjutkan kehidupan kalian lagi dengan masing-masing peliharaan kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar